Manusia dan Pandangan Hidup

 

Manusia dan Pandangan Hidup

            Manusia diciptakan Allah dengan akal sehingga manusia dapat berpikir dalam menentukan pilihan hidup. Setiap manusia memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini justru merupakan keindahan yang ada sebagai negara demokrasi seperti di Indonesia ini. Dengan banyak pemikiran, kita meneliti sesuatu masalah secara mendalam dan menyeluruh. Pemikiran yang terus berkembang ini perlu di kontrol oleh sesuatu yang berperan sebagai pegangan dan pengontrol. Di dalam Islam, Al-Quran dan Hadits adalah pegangan utama agar kita tidak salah langkah dalam berjalan. Selain itu, karena kita hidup dalam suatu alat kesatuan politik yang mewadahi kita, yaitu negara yang bersama-sama kita menuju suatu tujuan bersama yaitu sejahtera, adil, dan makmur, kita tidak boleh melupakan ideologi kita yaitu Pancasila.

Pancasila merupakan Dasar Negara Republik Indonesia

            Kita adalah warga negara Indonesia. Namun, banyak sekali dari kita yang tidak mengetahui makna sesungguhnya dari Pancasila. Padahal Pancasila adalah dasar negara kita dan merupakan pandangan hidup berbangsan dan bernegara. Ketika diadakan interview secara acak pada beberapa masyarakat, kebanyakan dari mereka hanya mengetahui isi dari Pancasila. Tetapi itu sudah bagus untuk tolak ukur zaman sekarang. Banyak anak sekarang yang justru tidak mengetahui isi dari Pancasila itu sendiri. Ini sungguh memprihatinkan. Kebanyakan golongan yang mengetahui Pancasila adalah golongan pelajar. Itu dikarenakan, Pancasila masih diajarkan dalam kurikulum mereka. Namun, kita tidak tau bagaimana ke depannya, apakah mereka masih ingat atau bahkan lupa.

Jika yang paling banyak mengingat Pancasila adalah kaum pelajar, berarti ajaran yang diajarkan oleh guru mereka berhasil. Jadi, ketika kita ingin menanamkan peran Pancasila dan nilai-nilai yang ada di dalamnya, kita harus memperkenalkannya sejak dini dan terus diulang-ulang kalau perlu diadakan ujian negara mengenai Pancasila. Supaya mereka mengetahui Pancasila yang merupakan dasar berkebangsaan Indonesia.

 

Sumber Video :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s