Manusia dan Keadilan

Manusia dan Keadilan

 

Manusia diberikan oleh Allah derajat yang sama. Allah juga memberikan seseorang kelebihan-kelebihan yang berbeda-beda, tetapi pada dasarnya, setiap manusia dibuat oleh Allah sama, yaitu memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada manusia yang tidak memiliki kelebihan dan tidak memiliki kekurangan. Yang membedakan hanyalah rasa malas dan rajin tidaknya seseorang dalam mengembangkan kelebihannya dan melatih kekurangannya.

Dari video yang berada di bawah artikel ini, saya dapat merasakan penderitaan menjadi karakter tersebut. Begitulah potret kehidupan ini. tidak semua orang beruntung dalam berkarier. Rasa malas telah membuatnya terlena dengan rasa nikmat sesaat yang ia rasakan sehingga ia melupakan tujuan dan cita-citanya. Tokoh anak pemuda yang malas ini menggambarkan sosok pribadi yang kurang baik. Kita bisa melihatnya dari perkataan dan perbuatannya. Ini sangat tidak pantas untuk ditiru. Dia berbicara kasar kepada neneknya yang telah merawatnya. Dia memiliki kebiasaan buruk memalak dan meminjam duit yang tidak pernah diganti.

Potret yang demikian memang benar-benar ada di sekeliling kita. Kita harus bersyukur dengan apa yang kita punya. Kita masih diberikan oleh Allah rezeki yang cukup untuk memenuhi kehidupan kita sehari-hari. Seharusnya, ini adalah tanggung jawab pemerintah kepada warga negaranya untuk menyediakan lapangan kerja. Indonesia memiliki banyak potensi yang kurang dikembangkan. Padahal, jika masing-masing potensi dikembangkan, justru akan berdampak positif untuk Indonesia. Program bantuan yang diberikan pemerintah pun tidak merata dan dirasakan tidak adil. Tidak ada keadilan dalam hidup ini. orang kaya terlalu sibuk dengan urusan mereka sendiri tanpa memikirkan nasib orang dibawahnya. Padahal, jika mereka peduli saja kepada rakyat kecil seperti yang ada di video di atas, tentu kesejahteraan, keamanan, dan ketenraman akan terjadi. Kejahatan yang diakibatkan oleh dorongan ekonomi pun akan perlahan-lahan menghilang.

Keadilan adalah kedamaian

 

Sumber video :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s