Manusia dan Kegelisahan

Manusia dan Kegelisahan

 

Manusia adalah makhluk yang diciptakan Allah dengan memiliki akal pikiran dan perasaan. Manusia dapat berpikir dalam melakukan sesuatu, berbeda dengan makhluk Allah yang lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Perasaan adalah suatu anugrah yang diberikan Allah untuk manusia. Manusia dapat merasakan sesuatu lebih peka daripada makhluk lainnya. Namun, perasaan ini terkadang menjadi penghalang manusia dalam melakukan sesuatu. Kita terlalu memfokuskan diri kepada perasaan tanpa mempertimbangkan akal sehat kita.

Pada tulisan ini, saya terinspirasi dari cerita”Violet” yang ada di alamat di bawah artikel ini. cerita itu menceritakan seorang perempuan yang bernama Violet yang bermimpi tentang kekasihnya Raka. Ketika itu Violet mendengar sebuah telepon yang bersumber dari kekasihnya Raka. Tiba-tiba gelas yang ada di meja terjatuh. Kemudian Violet bergegas mengunjungi Raka yang berada di depan rumahnya. Raka mengabarkan bahwa dirinya memenangkan lomba fotografi dan mendapatkan hadiah berlibur ke Inggris. Dalam mimpinya Violet marah dan tidak setuju dan meminta memutuskan hubungannya dengan Raka. Akhirnya Raka tetap berangkat meskipun Violet tidak setuju. Akhirnya diperjalan Raka mengirimkan pesan kepada Violet, karena pesan itu lah Raka tidak fokus mengemudi dan akhirnya mengalami kecelakaan dan temannya memberitahukan kepada Violet bahwa Raka meninggal dunia akibat kecelakaan.

Violet pun terbangun dari tidurnya. Dan peristiwa yang sama terjadi sama persis dengan yang dia alam di dalam mimpi. Gelas yang ada di meja riasnya terjatuh, kemudian disusul dengan telepon dari Raka. Disini Violet mulai gelisah dan berusaha tidak melakukan kesalahan seperti yang ia alami dalam mimpinya tersebut. Dia pun menyetujui kepergian Raka ke Inggris dan mengantarnya ke Bandara. Dia menasihati Raka agar tidak menggunakan HP ketika mengemudi. Akhirnya peristiwa maut itu pun tidak terjadi. Ketika berpamitan Raka memberikan Violet sebuah hadiah. Violet merasa lega bahwa kecelakaan itu mungkin hanya mimpi. Sayangnya, Violet terbawa perasaan. Dia memikirkan mimpinya itu dan dia tertabrak mobil. Akhirnya Violet lah yang meninggal dunia.

Dari cerita ini, kita dapat belajar akan banyak hal.

  1. Jangan terlalu percaya dengan mimpi. Mimpi adalah kembang tidur yang belum tentu benar akan kebenarannya. Dunia kita dengan dunia mimpi itu berbeda.
  2. Jangan terlalu terbawa perasaan terutama kegelisahan ketika kita menghadapi masalah atau ketakutan akan suatu hal. Karena ketenangan adalah kunci utama untuk menyelesaikan masalah dan ketakutan yang kita hadapi.
  3. Kita harus peka terhadap apa yang ada di sekeliling kita. Jangan memikirkan sesuatu yang berat/ terbawa suasana sehingga kita tidak memperhatikan lingkungan sekitar.
  4. Kegelisahan adalah sesuatu yang diberikan Allah oleh manusia agar waspada dan berhati-hati dalam bertindak. Tapi jangan jadikan kegelisahan itu sebagai sesuatu yang terus-menerus kita pikirkan.

 

Sumber Video :

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s