ISD Minggu ke-9

Tugas isd munggu ke-9

1.Perbedaan Kepentingan
Kepentingan adalah sesuatu yang dimiliki individu untuk memenuhi kebutuhannya. Setiap orang memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Hal itu tentu didasari oleh berbagai faktor diantaranya : faktor fisik, pengetahuan, keyakinan, pekerjaan dan adat istiadat. Karena adanya kepentingan lah manusia bisa mempertahankan hidupnya. Perbedaan kepentingan juga menimbulkan keragaman diantara individu yang satu dengan individu yang lainnya.

Gambar 1.1 Setiap orang memiliki kepentingan yang berbeda-beda

2. Diskriminasi  & Ethosentris
Diskriminasi
Diskriminasi secara leksikal adalah perlakuan terhadap orang atau kelompok yang didasarkan pada golongan atau kategori tertentu.
Sementara itu dalam pengertian lain diskriminasi dapat diartikan sebagai sebuah perlakuan terhadap individu secara berbeda dengan didasarkan pada gender,ras, agama,umur, atau karakteristik yang lain.
Dari kedua definisi di atas maka dapat disimpulkan bahwa inti dari diskriminasi adalah perlakuan berbeda.

Gambar 2.1 Diskriminasi akan merusak persatuan

Ethosentris
Sebagai konsekuensi dari identitas etnis muncullah etnosentrisme. Menurut Matsumoto (1996) etnosentrisme adalah kecenderungan untuk melihat dunia hanya melalui sudut pandang budaya sendiri. Berdasarkan definisi ini etnosentrisme tidak selalu negatif sebagimana umumnya dipahami. Etnosentrisme dalam hal tertentu juga merupakan sesuatu yang positif. Tidak seperti anggapan umum yang mengatakan bahwa etnosentrisme merupakan sesuatu yang semata-mata buruk, etnosentrisme juga merupakan sesuatu yang fungsional karena mendorong kelompok dalam perjuangan mencari kekuasaan dan kekayaan.
Pada saat konflik, etnosentrisme benar-benar bermanfaat. Dengan adanya etnosentrisme, kelompok yang terlibat konflik dengan kelompok lain akan saling dukung satu sama lain. Salah satu contoh dari fenomena ini adalah ketika terjadi pengusiran terhadap etnis Madura di Kalimantan, banyak etnis Madura di lain tempat mengecam pengusiran itu dan membantu para pengungsi.

3. Pertentangan & Ketegangan dalam Masyarakat
Konflik mengandung pengertian tingkah laku yang lebih luas daripada yang biasa dibayangkan orang dengan mengartikannya sebagai pertentangan yang kasar atau perang. Dalam hal ini terdapat tiga elemen dasar yang merupakan ciri dari situasi konflik, yaitu :
1.    terdapat dua atau lebih unit-unit atau bagian yang terlibat dalam konflik.
2.    Unit-unit tersebut mempunyai perbedaan-perbedaan yang tajam dalam kebutuhan, tujuan, masalah, sikap, maupun gagasan-gagasan.
3.    Terdapat interaksi diantara bagian-bagian yang mempunyai perbedaan tersebut.
Konflik merupakan suatu tingkah laku yang dibedakan dengan emosi-emosi tertentu yang sering dihubungkan dengan kebencian atau permusuhan, konflik dapat terjadi pada lingkungan :
a. Pada taraf di dalam diri seseorang
Konflik menunjuk adanya pertentangan, ketidakpastian atau emosi dan dorongan yang antagonistic dalam diri seseorang.
b. Pada taraf kelompok
Konflik ditimbulkan dari konflik yang terjadi dalam diri individu, dari perbedaan pada para anggota kelompok dalam tujuan, nilai-nilai dan norma, motivasi untuk menjadi anggota kelompok, serta minat mereka.

Gambar 3.1 Konflik bisa terjadi karena adanya perbedaan pendapat

c.Pada taraf masyarakat
Konflik juga bersumber pada perbedaan antara nilai-nilai dan norma-norma kelompok dengan nilai-nilai dan norma-norma dimana kelompok yang bersangkutan berada.

4.Perbedaan Golongan & Integrasi Sosial
a. Masyarakat Majemuk dan National Indonesia terdiri dari :
Masyarakat Indonesia digolongkan sebagai masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan golongan sosial yang dipersatukan oleh kesatuan nasional yang berwujudkan Negara Indonesia. Aspek-aspek dari kemasyarakatan :
1.Suku bangsa dan kebudayaannya.
2. Agama
3. Bahasa
4. Nasional Indonesia.
b. Integritas
variabel-variabel yang dapat menghamabat dalam integritas adalah :
1. Klaim/tuntutan penguasaan atas wilayah-wilayah yang dianggap sebagai miliknya
2. Isu asli tidak asli, berkaitan dengan perbedaan kehidupan ekonomi.
3. Agama, sentimen agama dapat digerakkan untuk mempertajam perbedaan kesukuan
4. Prasangka yang merupakan sikap permusuhan terhadap seseorang anggota golongan
c. Integrasi Sosial
Integrasi Sosial adalah merupakan proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat menjadi satu kesatuan. Unsur yang berbeda tersebut meliputi perbedaan kedudukan sosial,ras, etnik, agama, bahasa, nilai, dan norma

5.Integrasi  Nasional
Merupakan masalah yang dialami semua negara didunia, yang berbeda adalah bentuk permasalahan yang dihadapinya. Di Indonesia tindakan tersebut sangat sulit dilakukan. Para pejuang kemerdekaan dengan susah payah mengorbankan nyawanya untuk kemerdekaan Indonesia. Sumpah pemuda yang dibacakan oleh pemuda dan pemudi Indonesia mencerminkan bahwa persatuan dan kesatuan adalah tujuan utama negara ini untuk mendapatkan kemerdekaan. Dan akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia merdeka dari penjajahan selama puluhan tahun.
1. Di bawah ini beberapa permasalahan integrasi nasional :
– Perbedaan Ideologi
– Kondisi masyarakat yang majemuk
– Masalah teritorial daerah yang berjarak cukup jauh
– Pertumbuhan partai politik
2. Upaya Pendekatan
– Mempertebal keyakinan seluruh warga negara terhadap ideologi nasional
– Membuka isolasi antar berbagai kelompok etnis.
– Menggali kebudayaan daerah untuk menjadi kebudayaan nasional
– Membentuk jaringan asimilasi bagi berbagai kelompok etnis pribumi

@My Opinion :
Pertentangan dan Konflik pasti selalu ada. Hal itu dikarenakan setiap manusia memiliki pemikiran dan respon yang berbeda dalam suatu hal. Seharusnya dengan perbedaan itu menunjukkan bahwa kualitas kita sebagai individu sudah berkembang, dimana kita tidak terpengaruh oleh orang lain. Namun, perbedaan ini seharusnya bukan menjadi pemisah dan sarana untuk menjatuhkan orang lain, tetapi seharusnya dengan perbedaan ini kita bisa membangun sesuatu lebih baik karena kita memiliki beberapa ide. Jadi, konflik bisa saja diredam/ diminimalisasi asalkan setiap orang yang berbeda pendapat mau menghargai satu sama lain.

Referensi :
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100530150302AA5CFN3
http://cakfu.info/2006/09/diskriminasi-perasaan-atau-realitas/
http://rizkhairun.blogspot.com/2010/11/pertentangan-pertentangan.html
http://novairmaningsih.wordpress.com/2011/01/02/pertentangan-sosial-dan-integrasi-sosial/

Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s